li

Manfaat Rokok Bagi Kesehatan

Rabu, 26 September 20120 komentar


Rokok sangat terkenal dengan pengaruh negatifnya terhadap kesehatan. Seabrek penyakit yang bisa dengan sangat lancar keluar dari mulut kita berkaitan dengan kebiasaan merokok. Sebut saja dari kanker paru-paru sampai penyakit jantung dan darah tinggi, dari bronchitis (radang saluran nafas) sampai kanker usus besar. Namun dibalik sisi gelap rokok dan dan pengaruh negatifnya teradap kesehatan, ternyata masih ada juga manfaat yang tersembunyi, seperti :
1. Merokok dapat menurunkan resiko kanker payudara yang diakibatkan oleh mutasi genetik (Brunet, JS., Journal of the National Cancer Institute).
2. Penelitian yang dilakukan terhadap warga Swedia menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu yang merokok lebih dari 15 batang sehari menunjukkan kecenderungan yang lebih rendah untuk menderita penyakit asma, rhinitis alergi, eksim dan alergi terhadap makanan. Demikian juga anak-anak yang bapaknya merokok lebih dari 15 batang sehari, menunjukkan tendensi yang sama.(Hjern, A.,et al, Clin. Exp. Allergy 2001).
3. Pada percobaan yang dilakukan di laboratorium, nicotin dosis rendah dapat menghentikan pertumbuhan kuman penyebab TBC (Naser,S., University of Central Florida)
4. Merokok dapat menurunkan resiko penyakit Alzheimer. Secara statistic berbanding lurus dengan jumlah rokok yang dihisap. Dari 6 keluarga yang diteliti dimana Alzheimer diturunkan dalam keluarga tersebut, rata-rata usia terkena penyakit Alzheimer 4-17 tahun lebih lambat pada anggota keluarga yang merokok dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak merokok (VanDuljn, CM., Hoffman, A.,Erasmus Univ. Med. School)
5. Merokok mempunnyai efek proteksi terhadap peyakit Parkinson. Studi yang diterbitkan di jurnal Neurology edisi Maret, 2007 membuktikan bahwa resiko perokok untuk terkena penyakit Parkinson adalah 22% dibandingkan dengan mantan perokok, sekitar 73% (Thacker, EL., Harvard School of Public Health)
6. Merokok mempunyai efek terapetik terhadap penyakit radang usus besar atau ulcerative colitis (Green, JT., Aliment of Pharmacol. Ther. 2000)
Tulisan ini tidak menganjurkan masyarakat untuk mulai merokok ramai-ramai atau memulai hari rokok nasional, karena efek negative yang jauh melebihi manfaatnya. Anda tentunya tidak akan mau sembuh dari kanker payudara namun mendapatkan kanker paru-paru sebagai penggantinya. Namum hal ini bisa membuka perspektif kita, terutama di dunia kedokteran. Mungkin ada unsur-unsur atau bahan kimia yang bisa diisolasi dari rokok untuk dijadikan obat dalam bentuk tablet atau kapsul. Saya secara pribadi memandang rokok sebagai obat resep yang mempunyai banyak efak samping. Jadi tulisan di bungkus rokok yang berbunyi,”ROKOK DAPAT MENYEBABKAN IMPOTENSI, KANKER DAN GANGGUAN JANTUNG” baiknya diganti menjadi,”HARUS DENGAN RESEP DOKTER”.
Sumber gambar:
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bloge Wong Balot's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger